Tuesday, 16 July 2013

Apa itu Otaku?

Haloo people...
Kali ini saya akan membahas mengenai satu istilah yang tidak asing kita dengar/lihat baik itu didunia nyata maupun dunia maya. Kalian pecinta anime? Mengidolakan negara Jepang? Baik baik.. Bisa saya tebak anda tentu sudah mengenal istilah yang akan dibahas kali ini dengan sangat baik.
Tapi saya memposting entri ini bukan bertujuan untuk sok menggurui anda - anda yang sudah tau loh, melainkan saya memposting ini untuk membantu memberi informasi kepada mereka - mereka yang belum tau. Oke guys?
Nah daripada dengerin (rd: baca) saya banyak membacot, lebih baik kita langsung saja ke topik..
Merasa bingung dengan apa pengertian otaku sebenarnya?
Mari kita simak terlebih dulu apa pengertian otaku menurut wikipedia:

"Otaku berasal dari sebuah istilah bahasa Jepang yang merujuk kepada rumah atau keluarga orang lain (お宅/御宅, otaku). Kata ini sering digunakan sebagai metafora untuk honorifik kata ganti orang kedua. Dalam kasus ini, terjemahannya adalah "Anda". Sebagai contoh, dalam anime Macross, ditayangkan pertama kali pada tahun 1982, tokoh Lynn Minmay menggunakan istilah ini sebagai kata ganti.
Bentuk slang modern dari otaku ditulis sepenuhnya dengan aksara hiragana (おたく) atau katakana (オタク, atau yang lebih jarang, ヲタク) untuk membedakan dengan makna terdahulunya. Istilah ini kemungkinan besar berasal dari percakapan antar penggemar anime yang selalu menyapa lawan bicara dengan sebutan Otaku (お宅 Anda?)."

Nah, berdasarkan informasi yang kita dapat dari eyang wikipedia..
Otaku dalam sejarahnya sebenarnya memiliki arti "anda", hingga kata otaku ini mulai digunakan para penggemar anime untuk menyebut temannya. Seiring waktu kata otaku sendiri mulai populer sehingga mengalami pergeseran makna.
Sekarang yang kita kenal otaku itu adalah seorang penggemar/penggila anime yang pada dasarnya didunia nyata dia sendiri sulit untuk bersosialisasi. Mereka lebih asik menyendiri dan tenggelam dalam dunianya sendiri, dunia maya.
Gue pernah nemuin nih orang kayak gini, ada tuh temen sekelas gue yang pendiam abis trus cuman punya temen deket satu orang yaitu temen sebangkunya. Tapi kalau ditanya soal masalah komputer/internet? Behh...jago dah.
Sebenarnya dijaman ini orang - orang hanya mengenal arti otaku itu sebagai pecinta anime saja, padahal nih ya kalau di Jepang otaku itu juga berarti orang yang menggilai sesuatu yang dikenal sebagai hobinya hingga dia sendiri sangat sulit bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Nah, sudah tau kan apa pengertian OTAKU itu?
Jadi, Otaku dalam pengertian singkatnya adalah seseorang yang terlalu menggilai sesuatu (cenderung memiliki hobi didalam dunia maya) dan fokus pada hobinya itu, tetapi untuk urusan bersosialisai dengan orang - orang disekitarnya dia sangat payah. Bahkan seorang otaku lebih sering ditemui sedang menyendiri.

Oke, semoga postingan saya bermanfaat ya.
Arigatou ^_^

2 comments:

I accept all kind of comments (including flame). I need your opinion about my works, so I'll better than this time. Don't forget to comment, guys :)

Follow by Email